Halaman

Sabtu, 15 Oktober 2011

GENERASI KOMPUTER DARI MASA KE MASA

Iseng-iseng sambil download kereta malam punya elvi sukaesih. eh, keinget kalo ada tugas dari Pak Azhari .
tugasnya sederhana sih, cuman nyari generasi komputer dari generasi komputer dari masda ke masa.
sekalian aja tugas nya Mas share di blog (tugase dikumpulkan hard copy :D ), sekalian ngasih tau buat temen temen yang belum tau.

Generasi pertama :
dimulai dengan ditemukannya tabung hampa udara sebagai penguat sinyal (obat kuat sinyal :D ). namun tabung hampa udara rupanya kurang berkenan kalo diajak panas panasan, gampang njeplik kalo kata wong tegal.. :D
sehingga perlu tambahan ini itu untuk mendinginkannya,, tentunya ini berakibat pada mahalnya biaya yang perlu dikeluarkan untuk membuat satu komputer. dan menyebabkan komputer beratnya naudzubillahimindzalik dah. :D (komputer pertama buatan ENIAC beratnya 30 TON).

Generasi kedua :
Generasi kedua ditandai dengan munculnya Transistor. alat ini berfungsi sama sebagai penguat sinyal seperti tabung hampa udara. namun kelebihannya menutupi segala kekurangan tabung hampa udara. IBM pada tahun 1960-an mulai mengembangkan komputer menggunakan bahan transistor ini untuk komputer komersial. (ya komersial ya dijual, bukan dibagi-bagi gratis ) :D

Generasi ketiga:
Transistor yang semula menjadi alat yang paling mutakhir dalam pembuatan komputer mulai dirasa kurang efisien dalam hal tempat. sehingga tercipta lah untuk menyusutkan Transistor itu menjadi dalam satu tempat yang menjadi IC (integrated cicuit). produk pertama yang menggunakan IC dalam pembuatan komputernya adalah IBM S-360 pada tahun 1964. (wis tua yah)

Generasi keempat:
nah, generasi keempat lebih mementingkan efisiensi tempat, sehingga IC yang sudah merupakan pemadatan dari Transistor dipadatkan lagi menjadi Microprocessor. microprossecor dianggap yang paling onfire performanya, sehingga masih dikembangkan hingga sekarang :D . Intel corp pada tahun 1971 mengembangkan microprocessor pertama serie 4004.

salam hangat, semoga bisa membantu teman teman yang lain yang lagi cari cari artikel tentang generasi komputer dari masa ke masa.

0 komentar:

Posting Komentar