Halaman

Minggu, 19 Desember 2010

windows mobile, symbian, blackberry, iphone dan andorid.

  • windows mobile adalah salah satu sistem operasi yang dibuat oleh microsoft, dan diperuntukan untuk mobile dan perangkat-perangkat teknologi lainnya. windows mobile memiliki beberapa jenis. diantaranya windows mobile standard untuk gadget non sentuh, windows mobile professional untuk gadget dengan layar sentuh dan windows pocket pc 2000.
  • symbian adalah salah satu sistem operasi mobile yang dicipatkan oleh symbian ltd. sistem operasi ini menawarkan sitem keterbukaan, sistem operasi ini biasanya digunkan oleh nokia mobile.
  • blackberry os adalah salah satu sistem operasi mobile yang diciptakan oleh RIM (research in motion) untuk perusahaan blacberry,dan digunakan untuk produk blackberry.
  • iphone os adalah salah satu sistem operasi mobile yang dibuat oleh apple untuk produk iphone nya. iphone os biasanya dilengkapi dengan stylus untuk mengeksekusi layar-layar sentuh besutan apple.
  • android os adalah salah satu sistem operasi yang mengadopsi linux, android os menawarkan sistem operasi yang terbuka (open source) dan hal ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai macam pihak ke tiga untuk membuat aplikasi untuk gadget yang berbasis android.
PERBEDAAN
dari setiap os untuk mobile diatas memiliki perbedaan dalam hal "keterbukaan" sistem itu sendiri. misal android yang sedang naik daun menawarkan keterbukaan pihak ketiga untuk meramaikan sistem operasi tersebut, blackberry pun demikian, dengan memiliki beberapa versi black berry yang bisa diupdate ke versi yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar