Halaman

Selasa, 15 Mei 2012

install cms drupal di wampserver

cms drupal merupakan cms alternetif yang ada selain cms yang sudah terkenal seperti joomla dan wordpress, kali ini saya akan mencoba memberi sedikit tips instalasi cms drupal di wampserver. oke, langsung saja ikuti langkah langkahnya yah.


pertama pastikan wampserver telah aktif dengan cara mengklik put online. lalu extract folder zip dari drupal yang telah kita download ke dalam folder drupal yang ada di dalam folder www milik folder wamp. langsung menuju ke browser dan ketikan sebagai berikut di address bar "localhost/drupal" maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

ada beberapa pilihan yaitu standart atau minimal, kali ini yang dipilih adalah standart. lalu klik "save and continue" .
lalu akan muncul pilihan bahasa, disini hanya ada satu bahsa yaitu bahsa inggris, namun apabila menginginkan bahasa yang lain bisa klik "learn how to install Drupal in other language". lalu kita klik save and continue
selanjutnya kita akan masuk ke setup database, disini kita akan mengisi from, antara lain database type, database name,database username,database password. lalu ada advanced options yang jika diklik akan menampilkan form juga yang berisi database host, database port, dan table prefix. untuk database name kita bisa mengisikan sesuai keinginan kita kali ini kita isi dengan "db" lalu database username kita isikan dengan "root" dan database password kita kosongkan saja. sedangkan untuk database host diisi dengan "localhost" dan table prefix kita isikan "drupal_" lalu klik save and continue, maka akan muncul tampilan seperti berikut

selanjutnya kita juga diberi form untuk diisi, site name bebas kita isikan apa saja, site name adalah nama situs kita nanti, sedangkan site email address kita isikan email kita, lalu username bebas bisa diisi apa saja, namun untuk memudahkan maka kita isi "admin" password jangan sampai terlewat. username dan password digunakan untuk mengakses site kita nanti. lalu ada beberapa pilihan lagi yaitu default country, kita pilih "indonesia" default time kita pilih jakarta saja. lalu checkbox pada kolom update notifications kita contreng semua saja dan setelah kita isikan lalu klik save and continue maka akan muncul tampilan sebagai berikut jika anda telah mengisikan data dengan benar.
klik visit your new site jika anda ingin melihat tampilan situs anda. selamat mencoba ..

0 komentar:

Posting Komentar